Blog / Wedding Ideas / Ketahui Kiat Membuat Denah Tempat Duduk dalam Resepsi Pernikahan

Ketahui Kiat Membuat Denah Tempat Duduk dalam Resepsi Pernikahan

Color:
Add To Board
ketahui-kiat-membuat-denah-tempat-duduk-dalam-resepsi-pernikahan-1

Bila Anda menerapkan pesta pernikahan berkonsep duduk, maka Anda harus benar-benar mengetahui dengan jelas bagaimana cara menempatkan para tamu undangan Anda di kursi yang telah tersedia. Salah satu cara untuk mempermudah pekerjaan ini adalah dengan membuat bagan tempat duduk. Mungkin cara ini akan sedikit memakan waktu karena terbilang cukup rumit, tetapi Anda dan pasangan tentu menginginkan seluruh tamu undangan agar bisa merasakan kenyamanan yang tak terhingga di hari paling bahagia dalam hidup Anda, di mana mereka dapat menikmati kebersamaan dengan saling bercengkrama satu sama lain. Berikut beberapa kiat yang perlu Anda ketahui untuk membuat denah tempat duduk dalam resepsi pernikahan.

Ketahui Kiat Membuat Denah Tempat Duduk dalam Resepsi Pernikahan Image 1


  1. Tentukan Apakah Meja akan Berbentuk Bulat atau Persegi
    Salah satu faktor yang akan menentukan bagaimana suasana resepsi Anda adalah pemilihan meja pernikahan. Beberapa bentuk meja yang bisa Anda pilih, mulai dari oval, persegi panjang, bundar, dan persegi. Hal ini tergantung dari seberapa banyak jumlah tamu yang diundang serta preferensi pasangan pengantin. Jenis meja persegi panjang diketahui mampu menampung lebih banyak tamu undangan, sementara meja bundar terbilang unggul dari sisi kenyamanan karena memiliki lebih banyak ruang untuk kaki. Perhatikan pula bagaimana luas venue pernikahan Anda, apakah dengan mengambil jenis meja tertentu benar-benar bisa memuat seluruh tamu? Pastikan Anda telah mengantongi layout lokasi pernikahan Anda secara lengkap, mulai dari dimensi ruang, toilet, hingga area kelistrikan.
  2. Buat Sketsa Tempat Duduk
    Anda mungkin akan mengalami kesulitan bila pemetaan tempat duduk hanya dilakukan di dalam kepala Anda saja. Cobalah untuk memvisualisasikannya dengan memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar. Anda dapat mengambil kertas atau papan tulis berukuran besar dan sejumlah spidol warna untuk membuat sketsa sesuai keinginan. Sebagai contoh, meja dengan spidol berwarna biru adalah kelompok saudara jauh, lalu warna hijau merupakan meja teman-teman kantor Anda, dan seterusnya. Lihat kembali daftar tamu yang telah terkonfirmasi, berapa banyak jumlah meja yang harus Anda siapkan untuk menampung seluruh tamu? Tentukan pula jumlah orang yang dapat duduk di masing-masing meja.

    Ketahui Kiat Membuat Denah Tempat Duduk dalam Resepsi Pernikahan Image 2
  3. Atur Berdasarkan Grup
    Pada tahap ini, Anda diharuskan untuk mulai mengelompokkan tamu berdasarkan usia, latar belakang, minat, dan seberapa baik Anda mengenal mereka, dimulai dari keluarga besar, teman-teman di masa sekolah, teman kuliah, teman kerja, hingga sahabat terdekat Anda. Mencampurkan orang-orang yang sudah saling mengenal dengan wajah-wajah baru di dalam satu meja mungkin bisa menjadi ide yang cemerlang, tetapi pastikan hal tersebut tidak akan mengganggu mereka. Sebagai perhatian, Anda tidak diperkenankan untuk menyatukan orang-orang yang pernah berkonflik di masa lalu. Tentu Anda tidak ingin dituding sebagai pihak yang turut andil 'menyiram bensin' di dalam permasalahan mereka, bukan?
  4. Menempatkan Tempat Duduk Orang Tua
    Langkah selanjutnya adalah bagaimana mengatur tempat duduk untuk orang tua. Secara umum, semua orang tua akan berbagi meja resepsi yang sama dengan saudara kandung dan kakek-nenek mereka. Nantinya, meja untuk orang tua juga akan ditempatkan secara spesial di area depan yang dekat dengan pasangan pengantin. Lalu, apakah pihak orang tua dari suami dan istri harus didudukkan dalam satu meja yang sama? Jawabannya tergantung dari bagaimana keadaan keluarga Anda sendiri. Bila orang tua Anda dan pasangan belum begitu akrab satu sama lain, Anda dapat mengatur dua buah meja yang saling berseberangan agar mereka bisa bercengkrama dengan leluasa bersama kerabat dekat masing-masing (mereka mungkin juga memiliki permintaan khusus tentang siapa saja orang yang harus berada di samping kanan dan kiri mereka). Jika orang tua telah bercerai, maka sebaiknya rundingkan terlebih dahulu dengan pihak yang bersangkutan mengenai hal ini. Bagaimanapun, kenyamanan kedua belah pihak orang tua adalah nomor satu.
  5. Meja Khusus Anak-anak
    Apakah sebagian besar tamu Anda berencana membawa anak-anak mereka? Pertimbangkan untuk membuat meja khusus anak di sudut yang terpisah, namun jangan biarkan area tersebut berada jauh dari pandangan orang tua mereka. Mungkin meletakkan sejumlah permainan yang 'ramah anak' juga dapat menjadi opsi yang menarik untuk membuat mereka lebih betah dan tenang. Pastikan di meja tersebut terdapat beberapa orang pengawas yang nantinya akan memantau setiap pergerakan anak-anak dari tamu undangan Anda.
  6. Meja untuk Orang yang Lebih Tua
    Anda sudah menentukan di mana saja tamu undangan Anda akan menempati kursinya. Lalu, bagaimana dengan tamu dalam kategori lanjut usia? Tentunya Anda harus menyiapkan kursi dengan tingkat kenyamanan ekstra untuk mereka semua. Jauhkan para tamu yang lebih tua dari area hiburan atau wedding band karena dapat berpotensi menyakiti indera pendengaran mereka. Bila tamu Anda menggunakan kursi roda, pilihlah meja dengan area terbaik yang memiliki banyak ruang untuk bergerak.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now