Blog / Wedding Ideas / Inspirasi Pernikahan Tema Bridgerton yang Erat dengan Era Regency

Inspirasi Pernikahan Tema Bridgerton yang Erat dengan Era Regency

Color:
Add To Board
inspirasi-pernikahan-tema-bridgerton-yang-erat-dengan-era-regency-1

Apakah Anda termasuk salah satu penggemar series Bridgerton yang saat ini tengah populer di berbagai kalangan? Bridgerton merupakan serial drama produksi Netflix yang diadaptasi dari novel populer karya Julia Quinn. Serial yang telah dirilis ke dalam tiga season ini mengisahkan tentang kehidupan dan romansa keluarga bangsawan Inggris pada awal tahun 1800-an. Keluarga Bridgerton yang terdiri dari delapan bersaudara itu pun berusaha mencari cinta dan kebahagiaan di tengah masyarakat kelas atas yang penuh intrik dan skandal. Selain diwarnai dengan premis cerita yang kompleks, Bridgerton menjadi menarik lantaran penataan kostum era Regency dan desain produksinya yang mewah sehingga berhasil menyajikan pengalaman visual yang memukau. Nah, mungkin sebagian dari Anda juga pernah berandai-andai, bagaimana rasanya mengambil tema pernikahan dengan sentuhan Bridgerton?

Perayaan cinta yang erat dengan era Regency seperti ini dapat diimplementasikan ke dalam sebuah bangunan ala kerajaan atau taman bernuansa pedesaan, padu padan skema warna pastel, bunga-bunga segar yang rimbun, elemen dekorasi antik berlapis emas, hingga cahaya lilin bernuansa vintage. Anda juga dapat membayangkan para tamu undangan menari bersama Anda di tengah ballroom sambil diiringi oleh alunan musik klasik yang menawan. Pernikahan dengan tema Bridgerton tidak hanya akan memikat setiap insan yang hadir di hari bahagia Anda, tetapi juga menciptakan kenangan abadi layaknya sebuah novel romantis.

Mari lihat sejumlah inspirasi elemen pernikahan yang dapat Anda ambil untuk pernikahan dengan tema Bridgerton berikut ini.

  1. Ballroom Bernuansa Klasik
    Inspirasi Pernikahan Tema Bridgerton yang Erat dengan Era Regency Image 1
    Ballroom
    pernikahan dengan interior neoklasik ini memancarkan kemewahan dan elegansi yang sangat khas dari era Regency Inggris. Langit-langit yang dibuat meninggi dihiasi dengan lukisan fresco berwarna lembut dan ukiran-ukiran rumit untuk menekankan nuansa kemegahan yang tak terkira. Tak sampai di sana, keberadaan jendela besar dengan tirai yang menjuntai dengan indah pun semakin memperkuat estetika aristokratik, sementara meja-meja dengan tata letak simetris dihiasi rangkaian bunga yang cantik untuk menambah suasana romantis. Pilihan sempurna untuk pernikahan dengan tema Bridgerton yang mampu membawa tamu undangan Anda ke dalam suasana abad ke-19 yang penuh pesona.
  2. Gedung Pernikahan Berarsitektur Historis
    Inspirasi Pernikahan Tema Bridgerton yang Erat dengan Era Regency Image 2
    Dengan arsitektur klasik nan megah, bangunan ini menampilkan fasad batu bata merah yang elegan serta jendela-jendela tinggi dengan bingkai putih menawan, yang akan mengingatkan kita pada rumah keluarga Bridgerton di mana para bangsawan saling berkumpul. Luasnya area taman yang tertata rapi dengan lengkungan bunga dan tanaman hijau bahkan mampu menciptakan latar belakang menawan untuk momentum pernikahan istimewa.
  3. Perayaan Berskala Intim
    Inspirasi Pernikahan Tema Bridgerton yang Erat dengan Era Regency Image 3
    Tentu saja Anda masih bisa mengangkat tema kerajaan, meskipun tidak mengundang tamu undangan dalam jumlah besar. Interior venue bernuansa Bridgerton ini memancarkan keanggunan sempurna untuk perayaan berskala intim lewat sebuah rumah dengan desain arsitektur klasik. Ruangan seperti ini memang hanya dapat menampung tamu undangan dalam jumlah yang lebih kecil, namun dengan jaminan suasana yang penuh kehangatan. Salah satu hal yang membuat venue ini kian menarik adalah keberadaan dinding berpanel dan jendela-jendela besar sehingga memungkinkan cahaya alami masuk dengan lembut untuk memperindah sebuah resepsi pesta duduk.
  4. Taman ala Inggris yang Memikat
    Inspirasi Pernikahan Tema Bridgerton yang Erat dengan Era Regency Image 4
    Tidak harus berada di dalam ruangan, Anda dapat menyelenggarakan sebuah pesta kebun dengan dikelilingi oleh taman hijau yang subur ala kerajaan Inggris di zaman dahulu, lengkap dengan jalan setapak berliku, gazebo berukuran besar, dan air mancur yang menawan. Area taman yang luas dapat menjadi pilihan sempurna untuk mengadakan resepsi duduk di luar ruangan saat sore hari hingga menjelang malam.
  5. Dekorasi Bunga dengan Rangkaian yang Lebih Halus
    Inspirasi Pernikahan Tema Bridgerton yang Erat dengan Era Regency Image 5
    Dalam dunia Bridgerton, kesederhanaan rangkaian bunga memainkan peran kunci dalam dekorasi pernikahan yang memikat. Dengan menekankan pada bunga-bunga buatan yang dipilih secara hati-hati, seperti dekorasi bunga yang mengalir di antara kain sutra putih yang menghiasi area bangku gereja, hingga ke potongan kelopak mawar putih yang bertebaran di bagian lorong, hal ini mampu menciptakan atmosfer minimalis di lokasi pengambilan gambar dalam sebuah gereja yang ada dalam adegan pernikahan Simon dan Daphne. Sementara resepsi pasangan ini diselenggarakan di lobi kediaman Bridgerton yang juga menampilkan dekorasi bersahaja dengan taplak meja dan karangan bunga sederhana yang dipeluk oleh tema Alice in Wonderland.
  6. Masukkan Lengkungan Bunga
    Inspirasi Pernikahan Tema Bridgerton yang Erat dengan Era Regency Image 6
    Atur Floral arch mulai dari bagian pintu masuk gedung pernikahan Anda berada, lalu gunakan bunga-bunga segar, seperti mawar, peony, atau lili yang dirancang secara khusus ke dalam impresi romantis. Bahkan, Anda bisa mengkreasikan wisteria yang telah menjadi jenis bunga paling ikonik dalam serial ini. Warna-warna pastel seperti white, peach, lavender, dan soft yellow juga sangat disarankan untuk menciptakan tampilan yang manis dan vintage. Kemudian, masukkan dedaunan hijau seperti ivy atau eukaliptus untuk menjadi penyeimbang bagi palet warna bunga. Pastikan wedding arch tersebut berbentuk simetris dan melengkung dengan indah.
  7. Kartu Undangan dengan Estetika Glamor
    Inspirasi Pernikahan Tema Bridgerton yang Erat dengan Era Regency Image 7
    Melangsungkan pernikahan bertema Bridgerton dapat diimplementasikan mulai dari detail terkecil seperti kartu undangan. Desainnya yang klasik dengan ilustrasi kehidupan bangsawan Inggris pada abad ke-18 mencerminkan era Regency dengan sentuhan modern. Di bagian depan, Anda dapat memasukkan desain monogram yang indah dengan goresan nama kedua mempelai, kemudian letakkan monogram tersebut di tengah bingkai yang rumit dan ornamen bunga nan menawan.
  8. Meja Pernikahan Berpelat Emas
    Inspirasi Pernikahan Tema Bridgerton yang Erat dengan Era Regency Image 8
    Area meja makan dapat dihiasi dengan piring-piring fine china dengan motif floral atau pola yang elegan, kemudian letakkan sendok dan garpu dengan desain yang lebih tradisional, seperti gagang yang mengilap atau mungkin ukiran dengan sentuhan emas ringan untuk memberi kesan mewah namun tetap klasik. Opsi gelas kristal dengan bentuk yang artistik juga dapat digunakan untuk minuman para tamu sesuai dengan gaya aristokratik pada masa itu. Jangan lupa untuk menambahkan rangkaian lilin yang disusun secara meninggi serta linen berwarna putih atau pastel yang lembut sebagai alas meja.
  9. Kue Pengantin dengan Desain Victorian
    Inspirasi Pernikahan Tema Bridgerton yang Erat dengan Era Regency Image 9
    Kue pengantin tiga tingkat yang satu ini begitu lekat dengan kemewahan pada era Victorian. Permukaan kue dihiasi dengan mutiara kecil yang berkilau untuk menciptakan efek binar yang menawan di bawah naungan cahaya, sementara bunga-bunga gula yang rumit ditempatkan dengan hati-hati di beberapa sudut kue. Tak sampai di sana, setiap layer-nya bahkan didesain serupa detail renda yang halus sehingga menambah impresi klasik yang elegan. Anda bukan penggemar kue pengantin dengan detail yang penuh? Inspirasi kue pengantin berwarna dusty blue dengan padu padan tekstur dan detail cabang berpelat emas ini juga bisa menjadi pilihan yang menakjubkan.
  10. Elemen Dekorasi Neoklasik
    Inspirasi Pernikahan Tema Bridgerton yang Erat dengan Era Regency Image 10
    Untuk memasukkan ornamen dengan sentuhan neoklasik, Anda dapat mengkreasikan denah tempat duduk di atas permukaan cermin yang dibingkai dengan ukiran emas seperti ini. Kemudian pada bagian centerpiece meja, beberapa ornamen yang memungkinkan untuk digunakan, yaitu berupa ukiran kayu dengan pola yang rumit, guci-guci dari keramik dengan motif floral, ataupun patung-patung perunggu kecil yang mampu menambahkan nuansa klasik pada meja pernikahan.
  11. Meja Dessert Bergaya Pedestal
    Inspirasi Pernikahan Tema Bridgerton yang Erat dengan Era Regency Image 11
    Tampilkan kue-kue, puding, buah-buahan, atau makanan penutup lainnya di atas meja bergaya pedestal seperti ini. Dengan demikian, Anda tidak hanya menciptakan tampilan yang memukau secara visual saja, tetapi juga menambahkan dimensi klasik yang estetis pada jamuan pesta. Meja dessert pedestal umumnya terdiri dari beberapa lapisan atau tingkat yang terbuat dari kayu, kaca, ataupun material lainnya dengan ragam ukiran pada bagian kaki.
  12. Chandelier dalam Pernikahan Outdoor
    Inspirasi Pernikahan Tema Bridgerton yang Erat dengan Era Regency Image 12
    Berencana menggelar pesta duduk di luar ruangan? Tempatkan chandelier di titik-titik strategis, seperti di atas meja makan utama atau di tengah-tengah tempat duduk untuk tamu undangan untuk menciptakan fokus sentral. Pilih lampu gantung kristal yang tidak terlalu modern atau terlalu besar, namun mampu mengingatkan Anda pada gaya tradisional di zaman dahulu. Pastikan juga bahwa cahaya yang dipancarkan oleh chandelier kristal tersebut hangat sehingga dapat menambahkan kilauan romantis pada keseluruhan luar ruangan.
  13. Buket Bunga Serba Putih
    Inspirasi Pernikahan Tema Bridgerton yang Erat dengan Era Regency Image 13
    Karangan bunga pada era Regency umumnya dibuat dalam ukuran yang jauh lebih kecil. Skema warna serba putih pun menjadi salah satu rona yang paling digemari. Jadi, pertimbangkan untuk menggunakan bunga-bunga segar bernuansa putih yang bersih dan elegan. Pilihan bunga yang bisa dipertimbangkan termasuk mawar, peonies, lili, atau bunga-bunga kecil seperti baby's breath. Setelah itu, susun buket dengan cara yang teratur dan simetris. Pastikan tangkai bunga dibungkus dengan pita satin yang lembut atau lace putih yang merupakan yang merupakan ciri khas dari serial Bridgerton.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now